Rabu, 14 April 2010

Macam - Macam Paragraf

Jenis-jenis dan contoh dari paragraf

1. Paragraf Narasi

Seharian jane mencari ikan tetapi tidak ada ikan yang berhasil di tangkap dengan jalanya, bahkan jala yang dia pakai sampai robek. Tiba-tiba muncul seorang kakek berjenggot panjang. Kakek itu berkata bahwa jane adalah anak yang baik, sehingga dewa mengasihinya. Kakek itu memberikan sebuah guci kepad jane sebagai hadiah dari dewa. Jane mengucapkan terima kasih kepad kakek itu.


2. Paragraf Deskripsi

Contoh lah dia, yang selalu berusaha berpenampilan rapih, menarik, bersih, serta ramah dan murah senyum terhadap semua orang yang dikenalnya maupun yang tidak. Kalau kalian bisa mencontoh dia dengan baik, mungkin kalian bisa dengan mudah mendapatkan teman.


3. Paragraf Eksposisi

Cara melakukan Jump Shoot


Jump Shoot merupakan usaha memasukkan bola dengan cara melompat mendekati ring basket. Cara ini merupakan gerakan yang terbaik untuk mendapatkan angka dalam olahraga basket

Cara melakukannya :
1. Pegang bola dengan kedua tangan di atas kepala dengan siku tangan membentuk sudut 90 derajat.
2. Tekuk kedua lutut sebagai awalan melakukan lompatan.
3. Lakukan lompatan dengan meluruskan kedua lutu kaki.
4. Lakukan kedua tangan dengan meluruskannya untuk menjangkau ring dan memasukkan bola.

4. Paragraf Persuasi

Badak termasuk hewan mamalia yang sulit berkembang biak. Dalam satu tahun, badak hanya dapat melahirkan 1 atau 2 anak. Saat ini, populasi badak semakin menurun karena banyaknya perburuan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil culanya. Dengan terjadinya hal ini, kita harus bisa melestarikan hewan yang hampir punah ini dan menjaganya dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab

5. Paragraf Argumentasi

Para penggemar dalang kondang, almarhum Ki Narto Sabdo, kini membentuk komunitas penggemar Ki Narto Sabdo. Komunitas tersebut di bentuk karena dalang yang kondang di tahun 1960 hingga awal 1980-an ini, memang mempunyai kreativitas luar biasa dan sampai sekarang belum ada yang bisa menggantikannya.

sumber : Poskota, selasa 13 april 2010

1 komentar:

cirokibum mengatakan...

hahhahahahhahahahahhahahahahha lutcuu fotone..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwkkw

Poskan Komentar

budayakan untuk selalu membaca dan memberi pendapat ☺

 

© 2009Party Foul | by hallo